Jumat, 20 Januari 2012

PERBEDAAN MODEM DAN ROUTER

MODEM
Modem adalah suatu perangkat yang digunakan sebagai perantara bagi pemakai jasa internet, yang disambungkan pada komputer dan jalur telepon kemudian menghubungkan komputer tersebut ke jalur internet. Di pasaran terdapat berbagai macam merek modem untuk koneksi tanpa kabel ini, diantaranya yaitu Maxtech, Orinoco, Breezecom, dsb.
ROUTER
Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. Perbedaannya, router menyaring (filter) lalu lintas data. Penyaringan dilakukan bukan dengan melihat alamat paket data, tetapi dengan menggunakan protokol tertentu. Router muncul untuk menangani perlunya membagi jaringan secara logikal bukan fisikal. Sebuah IP router bisa membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dari satu segmen ke segmen lain. Anda mungkin bingung dengan definisi di atas, tetapi untuk mudah diingat, Anda menggunakan router ketika akan menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain. Jaringan ini bisa berupa jaringan pribadi .

sumber dari postingan ini di COPAS dari blog di bawah ini, karena saya belum sempat untuk mengedit ataupun menyimpulkan tentang materi ini, disebabkan keterbatasan waktu untuk pengerjaan TUGAS PRODUKTIF.
bagi anda yang site-nya saya COPAS, mohon maaf atas nama ILMU (wajib disharekan, hehe)
mudah-mudahan postingan selanjutnya bisa lebih baik lagi.

http://jelovme.wordpress.com/2010/04/16/perbedaan-modem-dengan-router/

untuk lebih lanjutnya boleh dibaca di situs berikut, semoga dapat di mengerti .
http://www.scribd.com/doc/51850087/perbedaan-modem-dan-router

Tidak ada komentar:

Posting Komentar